Resep dan cara membuat susu kedelai sendiri tanpa mesin

resep susu kedelai
Susu kedelai memang nikmat dan tidak kalah dengan susu sapi, biasanya bagi kamu yang alergi dengan susu sapi bisa dicoba untuk mengkonsumsi susu kedelai ini.

Kalau mau bikin sebenarnya bisa dengan mudah bila kita punya mesin pembuat susu kedelai, namun harga mesin tersebut juga pasti lumayan mahal, jadi bisa dicoba cara biasa tanpa mesin untuk bikin susu kedelai ini.

Agak sedikit susah dan harus telaten, namun tidak ada salahnya untuk dicoba. Selain rasa original kamu juga bisa menambah berbagai rasa susu kedelai dengan rasa coklat, strawberry dan rasa-rasa lainnya.

# Bahan
1. Kacang kedelai 500gram
2. Daun pandan 3lembar
3. Air putih matang secukupnya.

# Cara membuat
1. Rendam kacang kedelai dalam air sampai terbenam semua selama sekitar 10jam
2. Apabila sudah direndam dan empuk, kupas kulit kacang kedelai, caranya memang harus telaten dikupas satu-persatu seperti halnya mengupas kulit kacang tanah.
3. Setelah itu cuci kedelai sampai benar-benar bersih.
4. Siapkan blender lalu masukkan kedelai dalam blender yang ditambah dengan air matang kira-kira sampai lebih satu ruas jari, lalu blender sampai halus
5. Setelah itu saring pada saringan halus, maka akan tersisa ampas kedelai tadi
6. Lalu ulangi langkah nomor 4 dan 5 sampai ampas kedelai habis
7. Lalu masak susu kedelai tadi dengan api sangat kecil dan diaduk terus serta usahakan susu jangan sampai pecah dan jangan lupa tambahkan daun pandan, tipsnya masak susu kedelai sampai mendidih tapi jangan terlalu lama, pada letupan mendidih pertama langsung matikan api
8. Kemudian angkat susu dari kompor dan dinginkan
9. Setelah dingin saring sekali lagi susu pada tempat bersih, kemudian selesai dan susu bisa disimpan dalam kulkas, biasanya kalau cara membuat dan menyimpannya benar, susu kedelai ini bisa awet sampai dua minggu.
Advertisement

Related

Resep 6017694607427534448

Video Viral

Recent

Random

item