Sang guru yang bijaksana

Dua orang murid sebuah perguruan tampak berdebat, tenyata yang mereka perdebatkan adalah hal sepele, yang satu yakin kalau 2x6 adalah 12, tetapi yang satu lagi tetap ngotot jika 2x6 adalah 15, sebut saja mereka berdua adalah si pintar dan si bodoh, si pintar berkata "kamu orang bodoh, aku yakin pasti benar kalau hasilnya 12, kalau aku salah aku bersedia dihukum cambuk" , si bodoh menjawab "kamu yang bodoh, aku yakin pasti hasilnya adalah 15, kalau aku salah aku bersedia dihukum gantung".

guru bijaksana

Ternyata guru mereka mendengar perdebatan itu, lalu dipanggillah keduanya, setelah itu, diluar dugaan sang guru malah menyalahkan si pintar, maka sebagai akibatnya si pintar pun di hukum cambuk oleh gurunya sesuai dengan sesumbar si pintar sendiri, karena merasa bahwa jawabannya benar, maka selesai di hukum, si pintar menghadap gurunya untuk melakukan protes, "guru.. mengapa aku yang malah disalahkan dan dihukum, padahal guru pasti tahu kalau jawabanku benar" , "hukuman tadi bukan karena jawabanmu yang salah, akan tetapi hukuman tadi untuk dirimu yang tidak bijak, karena telah berdebat dengan temanmu yang jelas-jelas bodoh, lagipula lebih baik aku melihatmu di hukum cambuk, daripada aku melihat temanmu dihukum gantung".(Berbagai sumber).