Resep dan cara membuat kue putu isi gula merah

Kue putu termasuk kue tradisional yang sampai saat ini masih banyak yang menjualnya, kue yang terbuat dari tepung beras dan biasanya berwarna hijau yang didalamnya kerap kali diisi gula merah, serta disajikan dengan parutan kelapa. Berikut resep dan cara membuat kue putu isi gula merah.

# Bahan
1.  Tepung beras sekitar 700gram
2. Daun pandan 6 lembar
3. Gula merah 200 gram
4. Garam secukupnya
5. Air putih matang secukupnya
6. Kelapa 1/2 buah atau secukupnya

# Cara membuat
1. Siapkan tempat, masukkan air dan garam serta daun pandan kemudian rebus hingga mendidih, lalu angkat dan diamkan sampai air adonan tadi tidak terlalu panas
2. Siapkan tempat lagi dan masukkan tepung beras dan masukkan air adonan tadi (dalam keadaan hangat) sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai benar-benar rata.
3. Setelah merata lalu saring adonan tadi sehingga halus.
4. Langkah selanjutnya siapkan tempat untuk cetakan kue, biasanya agar lebih cocok bisa dipakai bambu, atau paling tidak cetakan dari bahan besi atau aluminium yang tahan panas dan berbentuk silinder.
5. Kemudian masukkan adonan tepung tadi ke dalam cetakan, tips nya masukkan adonan tepung setengah cetakan saja, kemudian baru diberi gula merah setelah itu tutup dengan adonan tepung lagi, sehingga gula merah bisa tepat berada ditengah kue.

6. Letakkan cetakan yang telah diisi adonan tadi kedalam panci pengukus dalam posisi berdiri, dan jangan lupa untuk memberi alas berupa daun pisang dibawah cetakan tadi.
7. Kukus sampai matang atau biasanya memakan waktu 10 menit agar matang sempurna.
8. Sembari menunggu kue putu matang segera parut buah kelapa dan kukus.
9. Setalah kue putu sudah matang, disajikan dengan diberi topping parutan kelapa tadi, dan selesai sudah siap disantap.
Advertisement

Related

Resep 8633559003509847203

Video Anak

Recent

Random

item