Tikus kaya dan tikus miskin

Tampak Loni si tikus mendapat kunjungan dari temannya Dolo yang juga seekor tikus, maka Loni pun menyiapkan makanan yaitu sepotong singkong rebus, si Dolo pun berkomentar "hai Loni apakah makananmu seperti ini setiap harinya ?", "ya kenapa?aku suka kok, lagian sipemilik rumah ini, baik sekali, aku tidak diusir dan juga aku setiap hari juga diberikan sisa makanan darinya, walaupun makanannya hanya seperti ini" , "wah... kamu Loni kasihan sekali, sudah tinggal dirumah yang jelek, makananmu juga seperti ini pula" , lalu Dolo membujuk Loni agar ikut tinggal dengan dia, Dolo menjanjikan mereka akan tinggal ditempatnya yang sangat bagus dan juga makanan enak setiap harinya.

Tikus kaya dan tikus miskin

Tak seberapa lama kemudian, sampailah mereka berdua ditempat tinggal Dolo, berkatalah Loni "wah tempat tinggalmu sangat bagus ya Dolo" , "iya..gimana kamu suka kan ?, iya tunggu sebentar ya Loni, aku akan carikan makanan" , kemudian tak seberapa lama, Dolo dengan berlari dan kelihatan sangat ketakutan datang sambil membawa roti dan keju yang terlihat enak, Loni bertanya "hai Dolo mengapa kamu tampak ketakutan ?" , "ah sudahlah tidak perlu dipikirkan, sekarang kita makan saja, gimana makanan disini enak ya ?" , lalu mereka berdua makan dengan lahap, dan tiba-tiba tanpa mereka sadari, seekor kucing melompat dan mencoba menerkam mereka, akan tetapi untunglah, mereka berdua dapat menghindar dan menyelamatkan diri dan segera keluar dari tempat itu, setelah keadaan dirasa aman, mereka berdua lalu berhenti dan beristirahat.
Loni dengan terengah bertanya "hai Dolo kenapa kita diserang oleh kucing tadi ?" , "oh.. kucing tadi adalah penjaga rumah itu, jadi kita harus berhati-hati kalau ketemu dia, kalau tertangkap maka kita akan dimakan olehnya " , "wah Dolo.. kalau begini aku tidak mau tinggal sama kamu, walaupun tempatmu bagus dan makanannya enak, tapi aku tidak tenang dan selalu ketakutan akan diserang oleh kucing, lebih baik aku kembali ke tempatku, biarpun tempatnya jelek dan makanannya tidak enak, tapi aku bisa hidup dengan tenang". (Sumber Aesop).