Enam orang buta dan seekor gajah

Suatu hari enam orang buta mendengar kedatangan seekor gajah ke desa tempat mereka tinggal, walaupun tidak dapat melihat, keenam orang buta itu memutuskan untuk mengunjungi tempat gajah itu berada, karena rasa penasaran akan bagaimana bentuk gajah, mereka berenam nekat pergi juga, “tak apalah kita tidak dapat melihatnya, kita kan dapat memegang gajah itu, jadi kita bisa membayangkan seperti apa bentuknya”, salah seorang diantara mereka coba memberi penjelasan kepada lainnya.

ORANG BUTA DAN GAJAH

Lalu sampai lah keenamnya ditempat gajah itu berada.
Orang pertama yang kebetulan memegang ekor gajah berkata, “hai.. gajah ini bentuknya panjang seperti tali”.
Orang kedua yang kebetulan memegang kaki gajah berkata, “wah.. ternyata gajah itu bentuknya seperti pohon”.
Orang ketiga yang kebetulan memegang perut gajah berkata, “oh.. bentuk gajah ini ternyata lucu, seperti balon yang besar”.
Orang keempat yang kebetulan memegang kuping gajah berkata, “hai.. gajah ternyata mempunyai bentuk yang aneh, dia berbentuk seperti daun yang besar”.
Orang kelima yang kebetulan memegang belalai gajah berkata, “ah.. bentuk gajah kok mengerikan ya.. bentuknya seperti ular yang besar”.
Orang keenam yang kebetulan memegang gading gajah berkata, “wah.. kalian semua salah, gajah itu bentuk sebenarnya seperti dahan pohon”.
Setelah itu, keenam orang buta itu berdebat tentang bentuk sebenarnya dari seekor gajah, menurut versi mereka masing-masing.
(Sumber India's Fable)
Advertisement

Related

Cerita 6507029758224922854

Video Viral


Recent

Random

item