Kisah kura kura dan landak

Seekor landak tampak murung sekali, dia terlihat menyendiri dibawah pohon, mengetahui hal tersebut seekor kura-kura yang sedari tadi memperhatikan landak itu dari jauh, bermaksud mendekati si landak, "hai landak.. kenapa kamu sendirian disini?", cuaca hari ini sangatlah cerah, kenapa kamu tidak bermain saja, lalu landak menjawab "ah.. aku malas, aku lagi ingin sendiri saja", "lalu kenapa kamu landak, kok terlihat murung?", "ya nih.. kura, aku sedih sekali, karena tidak ada yang mau main dan dekat denganku, karena takut akan tertusuk oleh duri dibadanku ini, kenapa ya aku kok mempunyai duri seperti ini, menyusahkan saja".


Lalu si kura-kura mencoba menasehati.
# Kura-kura : Kau tidak boleh mengeluh akan duri dibadanmu itu, karena itu anugerah dari Tuhan, pasti ada maksudnya kenapa kau diberi duri seperti itu di badanmu, lihat saja keadaanku, aku diberi bentuk seperti ini, dibadanku tumbuh cangkang yang sangat berat, sehingga aku menjadi lambat bila berjalan, lalu aku juga tidak bisa berlari, tapi apakah kau tahu keistimewaan cangkang ini?
# Landak : Lalu apa keistimewaan cangkangmu itu?
# Kura-kura : Aku pernah akan dimangsa oleh serigala, dengan ketakutan segera saja aku masuk kedalam cangkangku, dan ternyata serigala itu tak bisa memecahkan cangkangku walaupun dia gigit sekuat nya, maka selamat lah aku.
# Landak : Lalu apa keistimewaan dari duri di badanku ini? Belum sempat kura-kura menjawab, tiba-tiba saja ada serigala yang menyerang mereka, dengan refleks kura-kura langsung memasukkan tubuhnya kedalam cangkang, dan dengan ganas serigala langsung menyerangnya, namun upaya serigala itu gagal, dia tak bisa memecahkan cangkang kura-kura yang sangat keras itu, kemudian serigala itu gantian menyerang landak, tapi mulut serigala langsung tertancap duri landak yang tajam, dengan kesakitan serigala berlari meninggalkan mereka berdua.(Berbagai sumber).