10 Kata Bijak Terbaik Dari Nelson Mandela

Siapa yang tak kenal tokoh yang satu ini, Nelson Mandela, beliau terkenal akan kegigihannya dalam memperjuangkan perdamaian dan hak asasi manusia, beliau adalah pemimpin anti apartheid dan juga merupakan presiden pertama kulit hitam Afrika Selatan dan meninggal dunia pada 5 Desember 2013, Nelson Mandela yang hampir tiga dasawarsa di penjara karena beliau berjuang untuk menghapus diskriminasi terhadap warga kulit hitam di Afrika Selatan, dan masih banyak lagi prestasi Nelson Mandela serta pantaslah bahwa beliau menjadi tokoh dunia, karena tujuan dan prinsip hidupnya yang kuat, maka tak heran Mandela begitu banyak menuliskan kata bijak dalam buku yang dia tulis, dan diantara banyaknya kata bijak dari Nelson Mandela, ini ada 10 (sepuluh) kata bijak yang menurut kami mempunyai arti dan makna yang sangat baik dan telah kami dapatkan dan kami rangkum dari berbagi sumber.


kata bijak nelson mandela
"I learned that courage was not the absence of fear, but the triumph over it. The brave man is not he who does not feel afraid, but he who conquers that fear" 
"Saya belajar bahwa keberanian bukanlah ketiadaan rasa takut, tetapi kemenangan di atasnya, Pria pemberani bukanlah orang yang tidak merasa takut , tapi orang yang sanggup mengatasi rasa takut"


"No one is born hating another person because of the color of his skin, or his background, or his religion. People must learn to hate, and if they can learn to hate, they can be taught to love, for love comes more naturally to the human heart than its opposite"
"Tidak ada yang lahir membenci orang lain karena warna kulitnya , atau latar belakangnya , atau agamanya, Orang harus belajar untuk membenci , dan jika mereka dapat belajar untuk membenci , maka mereka dapat diajarkan untuk mencintai , karena cinta datang lebih alami ke jantung manusia daripada kebalikannya"


"Resentment is like drinking poison and then hoping it will kill your enemies"
 "Kebencian seperti meminum racun, dan kemudian berharap racun itu akan membunuh musuh Anda"


"It always seems impossible until it's done"
"Selalu tampaknya tidak mungkin, sampai anda telah menyelesaikannya"


"The greatest glory in living lies not in never falling, but in rising every time we fall"
"Kemuliaan terbesar dalam hidup adalah bukan karena tidak pernah jatuh, tetapi bangkit setiap kali kita jatuh"


"As I walked out the door toward the gate that would lead to my freedom, I knew if I didn't leave my bitterness and hatred behind, I'd still be in prison"
"Saat saya berjalan keluar pintu menuju gerbang kebebasan, saya tahu, kalau saya tidak meninggalkan kepahitan dan kebencian saya di belakang, maka saya masih akan berada di penjara"


"Do not judge me by my successes, judge me by how many times I fell down and got back up again"
"Jangan menilai saya dengan keberhasilan saya sekarang, nilai lah saya dengan berapa kali saya jatuh dan kembali bangkit"


"A leader. . .is like a shepherd. He stays behind the flock, letting the most nimble go out ahead, whereupon the others follow, not realizing that all along they are being directed from behind"
"Seorang pemimpin seperti gembala. Dia tetap berada di belakang kawanan, membiarkan yang paling lincah ke depan, dimana yang lain mengikuti, tapi mereka tidak menyadari bahwa selama ini mereka sedang dibimbing dari belakang"


"Where you stand depends on where you sit"
"Dimana kau berdiri, tergantung dimana kau duduk"


"After climbing a great hill, one only finds that there are many more hills to climb"
"Setelah mendaki sebuah bukit yang tinggi, maka kau hanya akan menemukan bukit yang tinggi lainnya untuk kau daki"