Pengemis yang buta

Seorang pengemis tua yang buta duduk dipinggiran jalan untuk meminta sedekah kepada orang-orang yang lewat, dia meletakkan kaleng untuk tempat uang bila ada yang memberinya, dan sebelumnya tak lupa dia meminta tolong temannya untuk membuat tulisan, lalu pengemis tua itu menaruh kertas yang bertuliskan “ SAYA BUTA KASIHANILAH”.

pengemis

Didepan kaleng itu, namun tak banyak juga orang yang bersedekah kepadanya, tak seberapa seorang gadis yang tampak pintar memberinya uang, tetapi gadis itu tak segera pergi, gadis itu bertanya kepadanya “halo kakek, apa kau sudah dari tadi disini ?” , “iya nak, kakek sudah seharian disini, tapi belum banyak yang memberi sedekah, padahal kakek belum makan dari pagi” , “gini kek, saya akan membantumu, saya akan mengganti tulisan yang kakek pasang ini, mudah-mudahan banyak yang akan tertarik untuk menyumbang” , “ya.. terserah kamu saja nak, terima kasih ya..”.Tak lama setelah itu orang-orang yang lewat mulai mau memberi sedekah kepada kakek pengemis itu, karena penasaran, pengemis tua itu kemudian bertanya kepada salah seorang yang kebetulan sedang memberinya sedekah, “nak, saya mau minta tolong, bisakah kamu membacakan tulisan pada kertas didepan kaleng ini?” , “oh itu.. gini kek tulisannya.. HARI YANG INDAH, ANDA DAPAT MELIHAT, SAYA TIDAK”.(Berbagai sumber).