Tips Membeli Mobil Bekas

Jika Anda telah memutuskan untuk membeli mobil bekas, anda sudah membuat keputusan yang cerdas, karena anda bisa mendapatkan mobil dengan kualitas dan merek yang baik dan handal tapi dengan harga yang murah daripada membeli baru, tapi tentunya membeli mobil bekas ada resikonya tersendiri dibandingkan dengan anda membeli mobil yang baru, alih-alih mau menghemat, tapi malah mengeluarkan biaya yang lebih besar, kalau anda mau membeli mobil bekas, mungkin tips berikut ini bisa berguna untuk anda :

1.Tentukan dana anda, hal ini memang biasanya lebih mudah bila anda mempunyai dana cash, atau membeli mobil bekas tidak dengan cara kredit, tapi yang penting dana jangan terlalu mepet dengan harga mobil, sisakan juga untuk beberapa perbaikan, dan untuk jaga-jaga, karena mobil bekas apalagi yang sudah berumur, pasti ada saja kerusakannya.

2.Tentukan model atau jenis mobil yang anda inginkan, pemilihan jenis model mobil usahakan sesuai dengan kebutuhan, hindarkan memilih mobil karena faktor gengsi atau gaya, contohnya kalau anda membeli mobil seken berjenis kecil seperti city car atau hatchback, sedangkan anda mempunyai banyak anggota keluarga, maka keputusan anda sangat kurang tepat.


3.Periksa kondisi mobil, lakukan test drive pada berbagai kondisi jalan, baik jalan rata atau jelek, dan pada kecepatan rendah atau tinggi.
- Dengarkan suara mencurigakan yang timbul terutama waktu melewati jalanan jelek, bunyi terutama pada kaki-kaki atau bisa juga dari streering harus anda perhatikan, karena kalau kaki-kaki atau streering mobil mengalami kerusakan, maka anda akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.
- Perhatikan suara mesin, pada waktu AC menyala dan pada waktu AC mati, apakah terdengar suara kasar atau suara abnormal lainnya.
- Lihat kondisi body, periksa catnya, periksa ada atau tidak penyok, pecah atau keropos pada bodi, periksa apakah mobil bekas tabrakan atau bekas kebanjiran, cek juga kondisi ban, aki, kipas, belt, dll.
- Periksa fungsi lampu sign, wiper, lampu depan belakang, tape, AC, lampu plafon, central lock, power window, dll.

4. Periksa kelengkapan surat-surat mobil, seperti stnk dan bpkb, lihat masa berlaku pajak dan plat nomor, jangan mau membayar bila salah satu surat tersebut tidak ada, sesudah itu lakukan cek fisik di samsat terdekat.

Tips diatas hanya garis besar saja, masih banyak lagi hal-hal yang tidak dapat saya tampilkan disini yang juga perlu untuk anda periksa dan teliti, saran kami, kalau anda ingin aman, lakukan transaksi jual beli mobil bekas dengan orang yang berpengalaman yang telah anda kenal dengan baik, agar anda tidak tertipu baik harga, kualitas atau kelengkapan surat-suratnya.
Advertisement

Related

Otomotif 1349221739968536858

Video Viral

Recent

Random

item