Tiga pertanyaan dari bos

Tampak sebuah kantor perusahaan yang sangat asri dan megah, bos atau pimpinan perusahaan itu terkenal akan kebijaksanaan dan ketegasannya, maka tak heran juga semua karyawan menjadi segan dan hormat, ketika itu sang bos tampak sedang serius didepan laptop diatas meja kerjanya, tiba-tiba pintu ruangannya diketuk oleh salah seorang karyawan, “masuk saja”kata bos itu, langsung saja seorang karyawan masuk dan langsung duduk setelah bos itu mempersilahkannya :

bos

- Bos : Ada perlu apa menemui saya ?

- Karyawan : Maaf pak saya mengganggu, ada yang mau saya beritahukan kepada bapak tentang salah seorang rekan kerja saya.

- Bos : Eits… tunggu dulu, sebelum kau menyampaikan kabar atau berita itu, jawab dulu tiga pertanyaan dari saya.

- Karyawan : Baik pak.. akan saya jawab tiga pertanyaan dari bapak.

- Bos : Pertanyaan pertama, kabar atau berita yang akan kamu sampaikan itu apakah benar ?

- Karyawan : Maaf… tidak pasti juga.. sebenarnya saya hanya mendengar kabar ini dari rekan kerja yang lain juga.

- Bos : Berarti kamu tidak tahu pasti akan kebenaran kabar atau berita ini, jadi saya simpulkan berita ini tidak benar, Pertanyaan kedua, apakah berita ini tentang kebaikan ?

- Karyawan : Tidak pak, malah sebaliknya.

- Bos : Jadi kamu akan mengatakan kabar atau berita yang buruk tentang rekan kerjamu, tapi kamu tidak yakin akan kebenarannya ?

- Karyawan : Maaf Pak.. (tampak karyawan itu tertunduk malu).

- Bos : Pertanyaan ketiga, ini pertanyaan yang paling penting, apakah kabar atau berita ini penting buat saya ? 

- Karyawan : Sebenarnya tidak juga pak…

- Bos : Jadi kamu akan memberitahukan kabar yang tidak baik dan belum tentu benar serta tidak berguna buat saya, sudah cepat kamu kembali kerja dan jangan diulangi lagi.(Berbagai sumber).