Tips Menghadapi Kemacetan

Macet….. itu yang selalu saya rasakan setiap hari,apabila anda yang hidup atau tinggal dikota-kota besar di indonesia, khususnya Jakarta atau Surabaya, pasti deh tiap hari selalu merasakan kemacetan terutama pada jam berangkat dan pulang kerja.Saya tidak pernah merasakan secara langsung kemacetan di kota Jakarta, tapi sebagai orang yang selalu lalu lalang dan harus mencari sesuap nasi di kota Surabaya, maka otomatis kemacetan adalah hal yang biasa saya hadapi.

Memang kalau saya lagi mengendarai motor lebih enak, karena lebih mudah menyalip atau menyelinap diantara mobil, tapi kalau lagi mengendarai mobil, ampun…. mau tidak mau ya harus terima nasib, antri deh....Stress pasti, kalau saya pribadi bahkan stress lebih besar saya alami dijalan daripada di kantor, kalau dulu keadaan ini selalu saya lawan, saya menjadi emosi bila telah terjebak kemacetan, dan efeknya menyetir jadi lebih agresif, selip kanan selip kiri, tidak mau mengalah, maunya menang sendiri.Tapi akhirnya saya sadar, perilaku ini tidak baik, selain merugikan orang lain, juga ber efek pada kepribadian saya yang akhirnya jadi gampang emosi.


Lambat laun perilaku ini saya rubah, kalau sekarang menghadapi kemacetan mau tidak mau saya hanya berusaha saja menikmati (macet kok dinikmati) tapi mau gimana lagi percuma saya emosi, marah tapi ya tetap saja kan macet, sekarang kalau sudah terjebak kemacetan begini apalagi siang hari, ya AC di mobil di setel agak kenceng, lalu dengarkan lagu lagu favorit saya dan diputar agak kenceng juga, jadi rileks deh.Apa jadi tidak stress?? ya tetap stress sih tapi kondisi psikis saya jadi lebih rileks, dan perilaku menyetir saya bisa terjaga menjadi tidak agresif lagi.

Saran saya, jaga selalu kondisi mobil anda agar selalu prima, ini yang sangat penting tidak hanya saja untuk menghadapi kemacetan tapi untuk keselamatan anda juga, kenapa kondisi mobil berpengaruh dengan stress menghadapi kemacetan, tentu saja berpengaruh, coba misal AC mobil anda rusak dan anda terjebak kemacetan di siang hari yang panas, dijamin anda serasa mandi sauna di mobil, kalau sudah begini dijamin stress bertambah 100%, kalau AC rusak sih masih mending tapi coba kalau mobil anda mogok disaat macet, wah….dijamin stress bertambah 1000% deh he…he….

Dan ini yang paling penting,kalau tidak terlalu mendesak mending anda bepergian dengan motor, atau pergunakan sarana transportasi massal, naik sepeda kalau tidak terlalu jauh sambil itung-itung olah raga, pokoknya sebisa mungkin hindari menggunakan mobil pribadi terutama pada jam-jam sibuk, selain lebih hemat BBM juga lebih cepat sampai tujuan, dan ini juga yang saya lakukan agar tingkat stress dan keuangan saya jadi lebih terjaga.